Asal usul nama Desa Jepitu

Standar

Jepitu, sebuah desa yang terletak disebelah selatan kota Wonosari desa ini termasuk desa yang cukup asri, penduduknya-pun masih mempercayai dan menerapkan kebudayaan-kebudayaan dari para leluhur mereka. Walaupun begitu masih banyak orang yang tidak mengetahui asal usul desa ini bahkan banyak orang yang beranggapan bahwa nama desa ini diambil dari kepanjangan ‘geJEPIt waTU’ sedangkan menurut pamong desa, nama Jepitu berasal dari kata ‘JEjer PITU’.

Konon, leluhur mereka –warga Jepitu– ada seorang yang sangat sakti mandraguna, namanya Mbah Gusti Wora Wari. Mbah Wora Wari inilah yang menyelamatkan warga kampung dari banyak serangan. Asal muasal kata pitu (tujuh) pun berasal dari legenda ini. Misalnya  saat musuh mereka usir ke pantai, bahkan saking saktinya mbah Wora Wari mengubah kapal musuh menjadi batu. Legenda ini terkait dengan beberapa batu karang yang ada di Kedung Prahu (Pantai Wediombo) yang dianggap sebagai petilasan, karena beberapa karang yang dianggap bentuknya mirip dengan rangka perahu.

Atau kisah lain, tentang kesaktian mbah Wora Wari merubah 7 buah tongkat menjadi 7 buah pohon Joa. Wit Joa Jejer Pitu (pohon Joa berderet 7) itulah asal muasal nama desa Jepitu.

Kesaktian dari mbah Wora Wari inilah yang kemudian dipercaya menjaga kedamaian dan kemakmuran di daerah ini. Pada acara Rasulan-pun, ritual yang dilakukan berhubungan dengan makam keramat mbah Wora Wari. Setelah semalaman mengadakan acara seperti wayang atau tayub, siang harinya mereka mengarak hasil bumi & laut dan di labuhkan ke Pantai Wediombo. Acara ini terkenal dengan sebutan Sedekah Laut.

Ada kurang atau lebihnya saya mohon maaf..

~sekian~

Iklan

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s